Selasa, 16 Juli 2013

Tahu Perangkat Komputer


PERANGKAT KOMPUTER

A.   INPUT

§  Keyboard
a)      Keyboard Maltron : keyboard ini dibuat agak cekung ke dalam. Dengan pertimbangan bahwa pada saat jari-jari diposisikan akan mengetik, maka jari-jari itu dijamin tidak akan membentuk satu garis lurus
b)      Keyboard Chord : keyboard ini hanya mempunyai beberapa tombol antara 4 sampai 5. Untuk memasukkan suatu huruf harus menekan beberapa tombol secara bersamaan. Ukurannya kompak, sangat cocok untuk aplikasi yang portabel
c)      Keyboard Alphabetik : keyboard alphabetik disusun persis seperti pada tata letak QWERTY maupun Dvorak, tetapi susunan hurufnya berurutan seperti pada urutan alphabet

§  Mouse
a)      Manual mouse / mekanik mouse : Mouse jenis ini bekerja dengan system bola karet yang terletak di dasar mouse dan ketika digunakan maka bola tersebut akan bergesekan dengan media alas, sehingga selanjutnya dapat menggerakkan sensor x dan y.
b)      Optikal Mouse : Mouse jenis ini menggunakan teknologi yang lebih maju, yaitu bekerja dengan system sinar inframerah dan memantulkannya sehingga mengenai sensor dan menjadi perintah untuk diteruskan ke CPU.
c)      Wireless mouse : Mouse yang mempunyai banyak fungsi, biasa digunakan dalam presentasi dan kegunaan lain yang lebih praktis. Bekerja dengan system Bluetooth serta mempunyai teknologi tercangih untuk saat ini.

§  Microphone
a)      Shotgun Mic. : microphone ini bentuknya ramping dan panjang mirip seperti laras senapan karakteristiknya yang sering didapati Condencer Microphune. sifatnya mempertajam suara jadi suara yang lemah dan jauh akan ditangkap oleh microphone ini oleh karena itu dengan shotgun mic tidak perlu mendekat pada sasaran obyek karena daya tangkap mic.
b)      Contact mic : Benda ini pada dasarnya adalah sebuah microphone. Tapi, berbeda dengan fungsi microphone yang biasa digunakan untuk menyanyi, yang satu ini mampu menyadap suara di level yang lebih ringkih. Contact Mic ini dirancang untuk mampu menembus gelombang suara redam yang secara virtual sanggup menangkap gelombang suara di bawah permukaan solid tertentu. Dengan begitu, microphone ini dapat pula digunakan sebagai alat pendeteksi bom. Benda ini dibuat terpadu dengan contact element, dan memiliki automatic gain control internal sehingga tidak lagi memerlukan tombol-tombol penyesuaian.
c)      Boundary effect mic : Lavalier mic/personal mic/clip-on mic adalah perekam suara yang bentuknya kecil dan penjepit dipergunakan umumnya untuk wawancara dalam studio. Lavalier itu “clip mic”,mic bias yang memiliki karakteristik omni,di negara Eropa populer dengan sebutan “Lapel”. Disebut Lapel karena biasa dijepit di kerah baju, jas ataupun menempel dibalik dasi.

§  Scanner
a)      Flatbed scanner : scanner ini berbentuk seukurang dengan kertas folio sehingga seperti mesin fotocopy dengan ukuran yang kecil.
b)      Handy scanner : scanner ini bentuknya postcard yang biasa kita jumpai pada supermarket atau minimarket karena digunakan pada mesin kasir untuk membaca harga barang yang tertera pada barcode.
c)      Print Scan Copy (PSC) : merupakan perangkat yang mempunyai multifungsi diantaranya bisa digunakan sebagai scanner, bisa digunakan sebagai printer dan bisa digunakan untuk mesin fotocopy.

§  Floppy disk
a)      Tahun 1969 merupakan awal dari Floppy Disk. Pada awal kemunculannya Floppy Disk berukuran 8 inchi dan hanya dapat menyimpan data sebesar 79,7 kb. Saat itu floppy disk hanya dapat membaca ( read only ) sehingga ketika data tersimpan tidak dapat dimodifikasi atau dihapus.
b)      Tahun 1976, hadir Floppy Disk berukuran 5¼ inchi. Dapat menyimpan data sebesar 110 kB. Pada perkembangannya terdapat Floppy disk 5¼ inchi yang dapat menyimpan data sebesar 360 kb. Pada Floppy Disk 5¼ inchi telah dapat memodifikasi data dan menghapus data.
c)      Pada tahun 1982 Floppy Disk ukurannya 3½ inchi. Pada awal kemunculannya hanya dapat menyimpan data 264 kb. Pada perkembangan selanjutnya terdapat Floopy Disk 3½ inchi yang berukuran 200 MB. Pada tahun 1990 an keberadaan Floppy Disk berukuran 5¼ inchi mulai lenyap dan Floppy Disk ukuran 3½ inchi menjadi dominan.

§  CD-ROM
a)      Jenis TDK Veldoc : Jenis lain adalah TDK Veldoc 16/9/40. TDK memang merupakan produsen yang baru muncul dalam beberapa tahun ini. Namun tidak berarti teknologi yang ditawarkan merupakan pemula, hal ini bisa dilihat pada produknya yang mempunyai banyak kemampuan. CD-ROM mempunyai kecepatan membaca 16x, sedang CD-RW mempunyai kecepatan menulis 9x dan membaca 40x.
b)      Jenis Hewlett Packard : Hewlett Packard yang merupakan salah satu produsen CD-RW tertua didunia, kini memproduksi HP Surestore. Salah stu produk terbarunya adalah Surestore 990 dengan kecepatan pembacaan 8x dan 4x tulis. Walaupun nampak lambat, CD-RW dari HP ini juga dilengkapi dengan labeling kit dan software perekam.
c)      Optical Disk : Jenis lain dari CD-ROM adalah optical disk yang secara pisik mempunyai bentuk seperti halnya laser disk karena harganya relative mahal, optical disk ini menjadi tidak opuler bagi para pengguna computer

B.   OUTPUT
§  Monitor
a)      CRT : CRT (Cathode Ray Tube) monitor komputer adalah monitor komputer yang paling umum sampai layar panel datar menjadi terjangkau. Serupa dengan TV tua, monitor CRT masih biasanya memiliki rasio kontras yang lebih baik dan sudut pandang dari alternatif monitor komputer lainnya.
b)      LCD : LCD (Liquid Crystal Display) monitor komputer menyimpan banyak ruang dan bahkan dapat dipasang di dinding. Mereka memberikan sudut pandang lebar dan biasanya datang dalam ukuran mulai dari 17-inci sampai 60-inci.
c)      Plasma : Plasma monitor yang kurang umum digunakan dengan komputer karena suhu tinggi operasi mereka, konsumsi daya tinggi, dan resolusi tetap.

§  Printer
a)      Printer Solid Ink : Printer ini menggunakan sejenis tinta yang sudah dililinkan. Cara kerjanya adalah priinter melelehkan tinta yang melilin tersebut lalu ditampung dalam sebuah tempat yang kemudian dipindahkan ke sejenis drum yang lalu akan mendinginkan tinta itu baru mencetaknya ke kertas. Solid Ink printer. Jika dibandingkan dengan jenis – jenis printer lain, jenis printer ini mempunyai komponen dalam yang lebih sedikit. Suhu serta kelembapan kertas mempengaruhi kerja printer ini.
b)      Printer Dye Sublimation : Jenis printer ini  merupakan perangkat profesional yang banyak digunakan dalam seni grafis dan fotografi untuk pencetakan pada mug dan benda dengan permukaan keras lainnya. Printer ini bekerja dengan memanaskan tinta sehingga berubah dari padat menjadi gas.
c)      Printer Portabel : Printer Portabel biasanya cukup ringan dan kadang-kadang menggunakan baterai. Biasanya printer ini mempunyai resolusi cetak yang cocok untuk mencetak teks biasa

§  Speaker
a)      Auxilary Line in : Auxilary Line in merupakan salah satu input line dari speaker atau perangkat audio yang dapat digunakan oleh perangkat output audio, seperti PC, Player, TV, dan lain sebagainya.
b)      Equalizer : Alat untuk memperbaiki kualitas frekuensi yang diterima suatu rangkaian transmisi. Alat ini biasanya dirangkaikan bersama alat transmisi lain.
c)      PMPO : PMPO atau Peak Music Power Output, daya keluaran suara optimal yang bisa dihasilkan oleh sebuah speaker. Nilai PMPO ini, biasanya di dapat dari nilai watt maksimal sebelum amplifier dalam kondisi faulty.

C.   PROCESS
§  Power Supply
a)      Power Supply jenis AT : Power supply yang memiliki kabel power yang dihubungkan ke motherboard terpisah menjadi dua konektor power (P8 dan P9). Kabel yang berwarna hitam dari konektor P8 dan P9 harus bertemu di tengah jika disatukan.
Pada
power supply jenis AT ini, tombol ON/OFF dihubungkan langsung pada tombol casing. Untuk menghidupkan dan mematikan komputer, kita harus menekan tombol power yang ada pada bagian depan casing. Power supply jenis AT ini hanya digunakan sebatas pada era komputer pentium II. Pada era pentium III keatas atau hingga sekarang, sudah tidak ada komputer yang menggunakan Power supply jenis AT.
b)      Power Supply jenis ATX : Power Supply ATX (Advanced Technology Extended) adalah jenis power supply jenis terbaru dan paling banyak digunakan saat ini. Perbedaan yang mendasar pada PSU jenis AT dan ATX yaitu pada tombol powernya, jika power supply AT menggunakan Switch dan ATX menggunakan tombol untuk mengirikan sinyal ke motherboard seperti tombol power pada keyboard.

§  Motherboard
a)      Jenis motherboard AT baby / AT yaitu format yang digunakan dalam 386 serta 486 komputer pertama. kemudian format tersebut diganti oleh format ATX, dimana formar ini membentuk sirkulasi udara yang lebih baik dari sebelumnya sehingga lebih mudah untuk mengakses komponen-komponen komputer.
b)      Jenis motherboard ATX : Format ATX adalah upgrade ke Baby-AT. Hal itu dimaksudkan untuk meningkatkan kemudahan penggunaan. Perangkat koneksi pada motherboard ATX ini dirancang untuk menancapkan peripheral semudah mungkin (misalnya, IDE konektor yang terletak di samping disk.) Apa lagi, komponen motherboard yang disusun secara paralel, sehingga untuk meningkatkan pembuangan panas.
c)      Jenis motherboard BTX : Format BTX (Balanced Technology eXtended ), didukung oleh Intel, adalah format yang dirancang untuk memperbaiki pengaturan komponen, sehingga untuk mengoptimalkan sirkulasi udara, akustik, dan pengendalian panas. berbagai Konektor (slot memori, slot ekspansi) diselaraskan secara paralel, ke arah di mana udara mengalir.

§  Processor
a)      2004: Intel Pentium M 735/745/755 processors : Dilengkapi dengan chipset 855 dengan fitur baru 2Mb L2 Cache 400MHz system bus dan kecocokan dengan soket processor dengan seri-seri Pentium M sebelumnya.
b)      2004: Intel E7520/E7320 Chipsets : 7320/7520 dapat digunakan untuk dual processor dengan konfigurasi 800MHz FSB, DDR2 400 memory, and PCI Express peripheral interfaces.
c)      2005: Intel Pentium 4 Extreme Edition 3.73GHz : Sebuah processor yang ditujukan untuk pasar pengguna komputer yang menginginkan sesuatu yang lebih dari komputernya, processor ini menggunakan konfigurasi 3.73GHz frequency, 1.066GHz FSB, EM64T, 2MB L2 cache, dan HyperThreading.

§  Memori
a)      PROM [Programmable read-only memory] :  PROM merupakan Chip yang bisa menyimpan data, namun tidak bisa dihapus lagi atau bersifat permanen.  Program yang tersimpan di dalamnya bersifat permanen dan  digunakan untuk menyimpan program bahasa mesin yang sudah menjadi bagian hardware (perangkat keras) komputer. Contohnya adalah program yang men-start komputer ketika komputer baru dinyalakan. Program yang ada di dalam PROM diisi oleh pabrik pembuatnya.
b)      RAM [Random Acess Memory] : Fungsi dari Memory jenis ini secara umun adalah menyimpan data sementara, menulis, membaca yang bersifat sementara. Contoh, ketika kita menyalakan komputer dan menjalankan program Microsoft Office tiba-tiba mati lampu dan data belum tersimpan.
c)      ROM [Read-Only Memory]  : ROM disini berfungsi sebagai pengendali/ memegang perintah pada saat menyalakan sebuah komputer. Umumnya ROM digunakan untuk menyimpan firmware, yaitu perangkat lunak yang berhubungan dengan perangkat keras. Umumnya ROM digunakan untuk menyimpan firmware, yaitu perangkat lunak yang berhubungan dengan perangkat keras. Contoh ROM semacam ini adalah ROM BIOS. ROM BIOS berisi program dasar sistem komputer yang berfungsi untuk mengatur dan menyiapkan semua peralatan atau komponen yang ada atau yang terpasang pada komputer saat komputer ‘dinyalakan/dihidupkan.

§  VGA Card
a)      AGP VGA CARD : Semua merk dan Seri VGA AGP jenis apapun memiliki slot fisik yang sama, biasanya yang membedakan adalah bentuk fisik dan kapasitas VGA itu sendiri. Untuk konektor yang menancap pada papan motherboard memiliki slot yang sama persis.Jenis VGA AGP akan kita jumpai pada komputer-komputer lama seperti pentium 2, pentium 3 dan pentium 4  socket 478. Messkipun beberapa pabrik merk masih memproduksi jenis VGA  AGP, namun diproduksi dalam jumlah sedikit, hal ini karena faktor perubahan pada pengguna sudah sangat jarang.
b)      PCI VGA CARD : PCI VGA merupaka generasi VGA dari jenis AGP. PCI VGA populer dengan nama PCI Express VGA. PCI VGA dimulai dari PCI VGA seri DDR 1 sampai seri DDR 5 hingga saat ini. Dukungan hardware seperti motherboard, Processor, Memory dan Power Supply menjadikan Jenis PCI VGA banyak diminati terutama oleh para Gamers.
c)       Onboard VGA :  Disebut Onboard VGA karena secara fisik VGA menjadi 1 block dengan papan motherboard. Onboard VGA pada CPU Komputer lebih praktis sehingga sampai saat ini pengguna VGA onboard pada Motherboard masih menjadi alternatif.

§  Sound Card
a)      Sound card on board : Merupakan fasilitas audio yang sudah terpasang pada motherboard berbentuk chipset dan kinerja sound card on board masih membutuhkan bantuan prosesor utama. Sound card on board dapat ditemui pada hampir semua jenis motherboard. Jika pengguna hanya membutuhkan sound card untuk musik, sound card tipe ini merupakan pilihan yang baik.
b)      Sound card PCI : Merupakan sound card yang dipasangkan pada slot PCI motherboard. Sound card tipe ini memiliki keunggulan pada kualitas yang dihasilkan. Jika hanya digunakan untuk keperluan standard, seperti mendengarkan musik,sound card tipe ini terlalu mahal. Namun jika pengguna menggunakannya untuk bermain game berat atau untuk kegiatan rekam suara, sound card tipe ini merupakan pilihan yang tepat
c)      Sound Card External : Sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire.

§  Modem
a)      Modem ADSL : Teknologi ADSL sebenarnya teknologi lama, tetapi terus diperbaharui untuk meningkatkan kecepatan transfer modem. Teknologi ADSL memiliki keterbatasan, seperti jarak jangkauan dari telco atau gardu induk telepon dengan modem pelanggan tidak boleh terlalu jauh. Semakin jauh jarak wilayah rumah anda dengan gardu induk utama dan semakin banyak lompatan dari gardu Telco, akan menurunkan kecepatan koneksi.
b)      Modem CDMA : Modem CDMA merupakan jenis modem dengan sistem komunikasi internet melalui jalur komunikasi CDMA (Code Division Multyple Acces). Pada umumnya modem cdma berbentuk Flashdisk yang dihubungkan melalui USB dapat digunakan sewaktu-waktu. Kecepatan CDMA telah mencapai 3X sistem koneksi dial up.
c)      Modem GSM : Modem GSM mempunyai kesamaan dengan modem CDMA,yaitu komunikasi internet dengan menggunakan jalur komunikasi GSM (Global Systewm for Mobile Communication), seperti modem CDMA modem GSM juga berbentuk USB, PCMCIA dan dapat menggunakan ponsel yang memiliki fitur sebagai modem.



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar